Tips Mudah Belajar Membaca guna Anak TK

 

 

 

 

 

Memasuki sekolah Taman Kanak-kanak (TK), anak-anak bakal mulai diajari membacaoleh karena itu diadakan lah Gerakan Membaca. Keterampilan ini sangat urgen untuk dikuasai anak sebab akan dominan pada proses belajarnya. Belajar menyimak anak TK tentu akan diperoleh di sekolah. Namun anak pun harus belajar menyimak di lokasi tinggal di bawah tuntunan Ibu agar ia dapat cepat menguasainya.

Bagi yang belum berpengalaman, mengajari anak menyimak akan terasa sulit. Apakah Ibu pun merasakannya? Tenang, Bu, tulisan ini akan menolong Ibu menanggulangi masalah tersebut. Inilah sejumlah langkah gampang dan mengasyikkan untuk mengajari anak TK membaca. Langsung simak, ya.

Carilah Waktu Belajar yang Tepat
Supaya proses belajarnya lebih efektif, maka mengajari anak mestilah dilaksanakan di masa-masa yang tepat. Carilah waktu-waktu dimana mood belajarnya sedang baik, anak tidak sedang mengantuk, lapar, atau lelah. Jika mood anak sedang tidak cukup baik, maka ia akan ingin kurang dapat berkonsentrasi dan merasa malas guna belajar. Alhasil, Ibu juga jadi tidak dapat mengajarinya secara optimal.

Ciptakan Suasana Belajar yang Ceria
Setelah mengejar waktu belajar yang tepat, Ibu pun perlu membuat suasana belajar yang ceria. Bagaimana caranya? Bisa dengan belajar di lokasi yang segar, laksana di teras belakang seraya dikelilingi oleh hijaunya pepohonan dan semilir angin.

Ibu pun tidak perlu terlampau tegang dan galak ketika mengajari anak. Meski anak menjadi cepat bisa, tapi teknik tersebut bakal membuatnya merasa fobia dan tertekan sampai-sampai dapat menjadi beban di benaknya. Ia bakal memandang belajar bareng Ibu ialah saat yang tidak menyenangkan. Lebih baik ajari anak seraya sesekali mengajaknya bercanda, tertawa, dan tidak jarang memuji ketika ia sukses memahami yang Ibu ajarkan.

Memperkenalkan Huruf Alfabet
Langkah mula belajar menyimak anak TK tentunya mesti mengenal huruf terlebih dulu. Oleh karena tersebut Ibu mesti mengenalkan semua huruf alfabet untuk anak mulai dari format dan teknik pelafalannya yang benar.

Dikarenakan huruf alfabet mempunyai jumlah yang lumayan banyak, maka mengajarinya mesti secara bertahap. Misalnya dalam hari lima huruf saja, yang urgen anak benar-benar menguasainya. Di samping membaca, mintalah anak pun menyebutkan huruf-huruf itu supaya ia dapat lebih cepat menghafalkannya.

Menghafalkan Suku Kata

Setelah sukses menghafal seluruh huruf, maka langkah selanjutnya belajar menyimak anak TK ialah menghafalkan suku kata. Ajari ia suku kata mulai dari konsonan B hingga Z serta vokal a, i, u, e, o. Contohnya laksana ba, bi, bu, be, bo, ca, ci, cu, ce, co, dan seterusnya. Dalam langkah menghafal suku kata ini akan mempermudah anak untuk menyimak tiap kata secara utuh.

Mengajarkan Cara Membaca Suku Kata yang Bervariasi
Lanjutkan dengan tahapan menyimak suku kata yang bervariasi, laksana ba-ca, ma-ma, da-ri, ba-ju, dan lainnya. Hindarilah menyerahkan suku kata yang mempunyai akhiran konsonan mati. Lebih baik latih anak dengan suku kata yang variatif dan sederhana sampai ia fasih terlebih dulu.

Tahapan belajar menyimak anak TK ini bakal memerlukan tidak sedikit kesabaran karena andai Ibu terlampau memaksakan anak dapat saja merasa bosan. Jadi usahakan ajarkan tidak banyak demi sedikit, kemudian naikkan jumlah variasinya ketika ia telah mulai fasih membaca.

Memperkenalkan Suku Kata dengan Konsonan Mati
Memasuki langkah yang selanjutnya ialah memperkenalkan teknik membaca suku kata dengan konsonan mati, contohnya yang berisi “ny” dan “ng”. Pada tadinya anak barangkali akan mengalami kendala saat membacanya, namun bila diajar terus ia tentu akan mengindikasikan perkembangan. Di langkah ini anak bakal membutuhkan tuntunan yang tekun dari Ibu di rumah, sebab dapat jadi ia tidak cukup mampu memahaminya ketika di sekolah.

Membaca Kata Utuh
Anak tadinya akan mengeja sejumlah huruf sampai dapat menjadi kata utuh. Langkah ini ialah cara alami yang anak kerjakan supaya dapat menyimak kata secara benar. Ibu juga perlu mengerjakan pengawasan agar anak tidak mengalami kekeliruan dalam membaca. Latih ia menyimak kata secara utuh sampai benar-benar lancar, kemudian lanjutkan dengan mengajari ia menyimak kalimat pendek.

Selingi dengan Permainan
Latihan menyimak dari kitab atau artikel biasa dapat menyebabkan rasa bosan anak. Ibu dapat menyiasatinya dengan menyerahkan selingan memakai permainan. Gunakanlah alat tolong seperti puzzle atau flash card huruf yang disusun berjajar hingga menyusun kata. Hal ini akan menyerahkan variasi teknik belajar supaya suasananya menjadi lebih mengasyikkan dan tidak monoton.

Jangan Terlalu Memaksa

Melatih belajar menyimak anak TK memang membutuhkan kesabaran dan ketekunan, Bu. Untuk tersebut jangan terlampau memaksa ketika anak telah merasa kendala dan tampak lelah. Ajari secara perlahan-lahan namun rutin guna mencegahnya merasa darurat dalam belajar. Melatih ia membaca pun tidak mesti di rumah.
Saat bepergian misalnya, usahakanlah menunjuk suatu kata yang Ibu temui di jalan guna ia baca. Dengan begitu, setelahnya ia juga akan berjuang untuk membaca ucapan-ucapan yang ia lihat kapanpun dan dimanapun.

 

Leave a Comment